Cara Agar Anakan Ayam Aduan Cepat Tumbuh Besar dan Sehat

Cara Agar Anakan Ayam Aduan Cepat Tumbuh Besar dan Sehat - Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang paling banyak diminati oleh masyarakat luas di Indonesia, ini dikarenakan ayam Bangkok dikenal dengan sosok ayam petarung yang gagah dimana para peminat memelihara unggas ini untuk koleksi ataupun ayam aduan.
Cara Agar Anakan Ayam Aduan Cepat Tumbuh Besar dan Sehat
Sebelum melangkah untuk lebih jauh dalam merawat anak ayam bangkok dengan teratur dan juga berkala, mungkin didalam otak kamu terbayang bayang bagaimana caranya merawat anak ayam tersebut supaya baik dan tumbuh bagus? caranya mudah untuk dicermati dan di pelajari oleh kamu.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kepada kamu tentang bagaimana cara merawat ayam bangkok aduan yang baik hingga dewasa inilah tips beberapa cara merawat ayam aduan yang baik yang sudah di percayai oleh seluruh para botoh tua ayam aduan.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Tumbuh Dewasa :

– Melakukan pemisahan pada anak ayam bangkok tersebut dari kandang dan juga induknya pada hari ke 7 setelah menetas ke sebuah box lalu masukan kedalam box tersebut.

– Box anak ayam bangkok ini hendaknya diberikan cahaya atau sinar buatan anda sendiri yakni dengan memasangkan sebuah lampu bohlam warna kuning 5, 10, sampai 15 watt tergantung lebar box tersebut pada kandangnya guna menghangatkan anak anak ayam bangkok tersebut.

– Memberikan makanan yang teratur dan sesuai kebiasaannya, contohnya seperti pada pagi hari jam 07.00, dan cara tersebut harus dijalankan secara rutin setiap hari agar si ayam tetap terjaga kondisinya.

– Berikanlah pakan bergizi seperti campuran pakan ayam fp3 dengan campuran (2 sendok fp3 + 1kg voer + 2kg jagung giling halus) supaya anak ayam anda cepat tumbuh besar dan badannya cepat gemuk, cara ini harus dilakukan selama 1 atau 2 bulan lamanya dan setelah waktunya maka pakan akan diganti lagi.

– Berikanlah pakan voer dengan code 591 milih phokpand atau AD 1 milik japfa comfeed dan campulah dengan fp3 pada anak ayam anda supaya tulang tulang anak ayam dapat terbentuk dengan baik dan cara ini harus dilakukan saat usianya menginjak lebih dari satu bulanan.

– Berikanlah tambahan vitamin dengan dicampurkan ke dalam minuman anak ayam anda, dan vitamin tersebut harus diberikan dalam waktu 1 hingga 2 kali saja dalam satu mingguan namun jika setiap hari juga itu sangat bagus, semua ini sudah ada pada fp3.

– Makanan atau juga minuman yang anda berikan kepada anak ayam tersebut harus terjaga kebersihannya (steril) dan tidak basi guna menjaga kesehatan tubuh anak ayam anda selalu fit.

– Setelah usianya menginjak lebih dua bulanan, maka pemberian pakannya bisa anda campur dengan dedak, kacang hijau, bekatul dan juga lain-lainnya namun harus dengan komposisi 1:1:1:1. Atau untuk lebih jelasnya dengan campuran pakan fp3 : 1kg fp3 + 5kg bekatul + 1kg voer + 3kg jagung giling.

– Pada pagi hari, anda harus usahakan anak ayam tersebut diumbar dan harus terkena sinar cahaya matahari. Diumbar bertujuan buat si anak ayam ini bergerak bebas dan supaya bisa memacu pada pertumbuhan ototnya yang sangat begitu baik dan efek ini yang bakal ditimbulkan terhadap anak ayam tersebut.

– Anda harus menjaga kebersihan pada rumahnya atau kandangnya supaya terbebas dari kutu, hama dan juga pembawa penyakit terhadap ayam tersebut.

Dengan cara rawatan dengan pakan ayam fp3 sudah terbukti di berbagai peternak ayam aduan seperti khusus untuk peternak bangkok, birma, mangon, pama, birkok dll dengan bertambahnya ukuran lebih ideal dengan struktur tulangan yang lebih padat dan nafsu ayam yang sangat tinggi dibantu herbal dalam fp3 membuat kesehatan ayam terjaga.